Memperingati Hari Guru Nasional 2019, Mahasiswa Sastra Indonesia Mendongeng Untuk Anak-Anak SD

Bertepatan dengan Hari Guru Nasional 25 November 2019, mahasiswa Sastra Indonesia semester 3 mata kuliah Sastra Islam melaksanakan kelas pengabdian mendongeng pada siswa-siswi kelas 3 SD Muhammadiyah 3 Surabaya.
.
Dibagi menjadi tiga kelompok, para mahasiswa mendongengkan karya sastra Islam Nusantara berdasarkan manuskrip di zaman Kerajaan Melayu Islam yang ceritanya ramah anak yaitu:
1. Hikayat Bayan Budiman.
2. Hikayat Hasan Husein.
3. Hikayat Merong Mahawangsa.
.
Sebagaimana diketahui, bahwa Islam masuk ke Nusantara pada sekitar abad ke-7 M melalui beberapa metode. Di antaranya yaitu metode dakwah pendidikan melalui penulisan manuskrip Islam menggunakan tulisan Jawi (aksara Arab-berbahasa Melayu). Manuskrip tersebut berisi bermacam ilmu pengetahuan di antaranya yaitu berisi: Ajaran agama, sastra, budaya, bahasa, sejarah peradaban, filsafat, perobatan, astronomi, hukum undang-undang, dan lainnya.
.
Di antara peninggalan manuskrip pada zaman Islamisasi Melayu tersebut yaitu manuskrip dengan nuansa sastra epik sekaligus sejarah dengan corak cerita hikayat. Karya sastra tersebut merupakan bukti bahwa Nusantara memiliki karya sastra Islam yang banyak jumlahnya.
.
Kini menjadi tugas kita untuk mempelajari kembali dan mengenalkan cerita tersebut pada generasi muda dengan cara menarik.
Mengingat di dalam karya sastra Islam tersebut terdapat beragam nilai dan ajaran Islam, nilai-nilai kearifan lokal dan pesan moral yang nilainya masih relevan digunakan pada masa kini.
.
Pengabdian masyarakat mendongeng karya sastra Islam tersebut berlangsung selama satu jam, dengan rangkaian kegiatan mendongeng; bermain kuis pertanyaan seputar cerita yang disampaikan; pemberian hadiah bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan; dan pembagian susu kotak untuk siswa. Siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Surabaya terlihat antusias dengan program tersebut, berikut juga kesan mendalam yang turut dirasakan oleh teman-teman mahasiswa Sastra Indonesia semester 3.
.
Selanjutnya, tugas ini nantinya juga akan divisualkan dalam bentuk video digital online serta diaktualisasikan dalam bentuk penulisan jurnal ilmiah untuk mengetahui isi ilmu pengetahuan yang ada dalam ketiga karya sastra Islam tersebut.