Bimbingan Teknis Penulisan Skripsi Prodi Sastra Inggris

Sebagai Ketua Program Studi Sastra Inggris, Dr. Wahju Kusumajanti, M.Hum. perlu memerhatikan kondisi mahasiswa dan mahasiswi semester 6 di bawah bimbingannya. Satu semester lagi mereka akan bertemu dengan mata kuliah Skripsi. Tentunya mereka harus siap menerima “tamu wajib” untuk semua pelajar S-1 di semua universitas tersebut.

Berdasarkan kondisi demikian, pada Kamis 12 Maret 2020 di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi, maka Prodi Sastra Inggris, Jurusan Bahasa dan Sastra, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) ini pun mengadakan acara berjudul Bimbingan Teknis Penulisan Skripsi untuk mereka agar mereka memunyai wawasan dan juga keterampilan mengenail penulisan skripsi. Ibu Wahju pun dalam posisi ini juga bertindak sebagai ketua pelaksana dengan dukungan dosen-dosen Prodi Sastra Inggris dan tenaga kependidikan di lingkungan prodi dan fakultas.

Bimbingan teknis ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, yaitu Dr. H. Agus Aditoni, M.Ag.. Di dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya bimbingan penulisan itu sebab dengan pengetahuan yang akan mereka dapat, mereka akan mengerti rambu-rambu penulisan skripsi di lingkungan universitas.

Untuk menunjang acara tersebut, Prodi Sastra Inggris mendatangkan dua narasumber. Mereka adalah Dr. Alfian, S.Pd., M.Ed. serta Sufi Ikrima Sa’adah, M.Hum.. Bapak Alfian merupakan dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris sekaligus menjabat sebagai Wakil Dekan I FAH UIN Sultan Thaha Syaifudin di Jambi. Narasumber ini merupakan lulusan Universitas Jambi, University of Hawaii di Amerika Serikat, serta University of South Australia. Ibu Sufi sendiri adalah dosen Prodi Sastra Inggris di FAH UIN Sunan Ampel. Beliau merupakan lulusan Fakultas Adab di IAIN Sunan Ampel dan 2 Fakultas Ilmu Budaya di UNAIR.

Prodi Sastra Inggris memunyai dua konsentrasi, yaitu minat bahasa serta minat sastra. Oleh sebab itu, kelas bimbingan penulisan skripsi pun dibagi menjadi dua kelas. Kelas minat bahasa ditempatkan di tempat yang sama. Di kelas ini bahasa Bapak Alfian menyampaikan materi Outline Laporan Penelitian Linguistik dan materi praktik Menyusun Laporan Penelitian Linguistik. Sesi ini dipandu oleh Dr. A. Dzo’ul Milal, M.Pd. sebagai mederator. Kelas minat sastra ditempatkan di Ruang Seminar di Fakultas Adab dan Humaniora. Di kelas ini Ibu Sufi menyampaikan materi laporan penelitian sastra dan praktik menyusun laporan penelitian sastra dengan Suhandoko, M.Pd. sebagai moderatornya.

Sesi diskusi dan tanya-jawab antara kelas bahasa dan sastra sebenarnya hampir sama dalam hal teknis. Keduanya tidak jauh berbeda ketika membahas tentang skripsi yang merupakan karya tulis ilmiah akhir di ranah pendidikan universitas. Hal tersebut dimulai dari mencari masalah, menemukan hipotesis, serta menentukan tema dan judul. Kemudian, konsep-konsep tersebut diaplikasikan ke dalam kerangka karangan yang terdiri dari pendahuluan, isi atau pembahasan, serta penutup atau kesimpulan. Tentu diskusi tersebut tidak menghilangkan aspek-aspek penting di dalam penulisan skripsi seperti tentang plagiarisme, tinjauan pustaka, kutipan, daftar pustaka, dan sebagainya. Mahasiswa dan mahasiswi pun antusias untuk berinteraksi dengan narasumber saat mereka belum mengetahui tentang satu-dua hal di dalam materi yang telah disampaikan.

Acara yang dihadiri total sekitar 130-an orang dan dimulai pada pukul 08.00 WIB itu pun berakhir pada pukul 12.00 WIB di tempat masing-masing. Sekarang, mereka siap untuk mengejawantahkannya di mata kuliah Skripsi semester depan.